Apakah Kecerdasan Emosional Itu?

Apakah Kecerdasan Emosional Itu?

Kecerdasan emosional merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi terhadap prestasi seseorang. pengertian kecerdasan emosional tersebut adalah kem

Resto Jepang Shabu Gen Best Shabu Shabu In Jakarta
Desain Kamar Mandi Modern Yang Praktis
Tips Persiapan Umroh

Kecerdasan emosional merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi terhadap prestasi seseorang. pengertian kecerdasan emosional tersebut adalah kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain,kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan orang lain.

Selama beberapa tahun, yang menjadi parameter kecerdasan seseorang adalah seberapa besar nilai Intelegensi Quotient (IQ) yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Namun seiring perkembangan jaman yang semakin maju dimana bermunculan penemuan – penemuan baru dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi, maka parameter untuk mengukur kecerdasan seseorang bukan hanya dengan mengetahui nilai IQ yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Parameter lain yang digunakan untuk mengukur kecerdasan seseorang tersebut adalah dengan menggunakan parameter Emotional Quotient (EQ) atau dalam bahasa Indonesai dikenal dengan istilah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi terhadap prestasi seseorang. Salah satu pengertian dari kecerdasan emosional tersebut adalah bahwa kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan yang dapat mengerti emosi diri sendiri dan orang lain, serta mengetahui bagaimana emosi diri sendiri terekspresikan untuk meningkatkan maksimal etis sebagai kekuatan pribadi.

Untuk bahan referensi anda ketika ingin memahami pengertian kecerdasan emosional ini, berikut ini beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli tentang kecerdasan emosional seseorang. Adapun beberapa pengertian tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Steiner (1997) menjelaskan pengertian kecerdasan emosional adalah suatu kemampuan yang dapat mengerti emosi diri sendiri dan orang lain, serta mengetahui bagaimana emosi diri sendiri terekspresikan untuk meningkatkan maksimal etis sebagai kekuatan pribadi.
  2. Mayer dan Solovey (Goleman, 1999; Davies, Stankov, dan Roberts, 1998) mengungkapkan kecerdasan emosi sebagai kemampuan untuk memantau dan mengendalikan perasaan sendiri dan orang lain, dan menggunakan perasaan-perasaan itu untuk memadu pikiran dan tindakan.
  3. Patton (1998) mengemukakan kecerdasan emosi sebagai kemampuan untuk mengetahui emosi secara efektif guna mencapai tujuan, dan membangun hubungan yang produktif dan dapat meraih keberhasilan.
  4. Bar-On (2000) menyebutkan bahwa kecerdasan emosi adalah suatu rangkaian emosi, pengetahuan emosi dan kemampuan-kemampuan yang mempengaruhi kemampuan keseluruhan individu untuk mengatasi masalah tuntutan lingkungan secara efektif.
  5. Wikipedia Indonesia (2017) kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya.

Dari beberapa pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian kecerdasan emosional tersebut adalah kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain,kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri dan orang lain. Keterampilan seseorang dalam mengendalikan emosi salah satunya dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi. Salah satu nutrisi tersebut adalah susu. Gunakan susu Dancow sejak dini untuk membantu pembentukan kecerdasan emosional anak sehingga mereka akan piawai mengendalikan kondisi emosinya dengan baik.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0