Penjelasan Singkat Tentang Tata Cara Umrah

Kata umrah ini berasal dari bahasa arab yang merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam agama islam. Umrah juga sering ada yang mengatakan bahwa umr

Kelebihan dan Kemudahan Belanja di Blanja.com
Cara Membuat Omelet Spesial Dengan Mudah D Rumah
Mumu Antarkan Barang Sampai ke Tangan

tata cara umrah

Kata umrah ini berasal dari bahasa arab yang merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam agama islam. Umrah juga sering ada yang mengatakan bahwa umrah ini disebut dengan haji kecil karena pelaksanaan umrah itu sebagian dari pelaksanakan ibadah haji.

Untuk melaksanakan umrah ini tidak terikat oleh waktu kapanpun jika mau pergi umrah maka bisa dilaksanakan. Sebelum berangkat umrah kita sebagai muslim harus mengetahui tata cara umrah itu sendiri karena ini menjadi hal yang penting dan bisa memaksimalkan umrah kita jika sudah saatnya.

Dalam melaksanakan umrah tentu ada syarat dan rukun yang harus dipenuhi sehingga bisa sah dalam melaksanakan umrahnya. Bahkan jika syarata apalagi rukun tidak sempurna maka wajib untuk mengulanginya.

Adapun tata cara umrah yang bisa anda lakukan adalah :

  1. Disunnahkan mandi besar sebelum ihram untuk umrah.
  2. Memakai pakaian ihram. Untuk lelaki 2 kain yang dijadikan sarung dan selendang, sedangkan untuk wanita memakai pakaian apa saja yang menutup aurat tanpa ada hiasannya.
  3. Niat umrah dalam hati, ketika sampai di miqot ( batas daerah tanah suci ) sholat sunah dua rokaat dan mengucapkan Labbaika Allahumma ‘umrotan atau Labbaika Allahumma bi’umrotin.
  4. Jika sudah sampai kota Makkah, disunnahkan mandi terlebih dahulu sebelum memasukinya.
  5. Sesampainya di ka’bah, Kemudian menuju hajar aswad sambil menyentuhnya dengan tangan kanan dan menciumnya jika mampu dan mengucapkan Bismillahi wallahu akbar.
  6. Thawaf sebanyak 7 kali putaran. 3 putaran pertama jalan cepat dan sisanya jalan biasa. Thowaf diawali dan diakhiri di hajar aswad dan ka’bah dijadikan berada di sebelah kiri.
  7. Salat 2 raka’at di belakang maqam Ibrahim jika bisa atau di tempat lainnya di masjidil haram dengan membaca surah Al-Kafirun pada raka’at pertama dan Al-Ikhlas pada raka’at kedua.
  8. Sa’i dengan naik ke bukit Shofa dan menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan dan mengucapkan Innash shofa wal marwata min sya’aairillah.
  9. Amalan pada poin 8 diulangi setiap putaran di sisi bukit Shofa dan Marwah disertai dengan doa.
  10. Sa’i dilakukan sebanyak 7 kali dengan hitungan berangkat satu kali dan kembalinya dihitung satu kali, diawali di bukit Shofa dan diakhiri di bukit Marwah.
  11. Mencukur seluruh atau sebagian rambut kepala bagi lelaki dan memotongnya sebatas ujung jari bagi wanita.

Jika anda berminat untuk melaksanakan umrah dan haji maka anda bisa mendaftarkan diri anda ke abutours yang sudah professional dalam pelaksanaannya.