Cegah Dampak Negatif Anak yang Kecanduan Bermain Gadget

Cegah Dampak Negatif Anak yang Kecanduan Bermain Gadget

Salah satu dampak negatif bermain gadget ini yaitu tergusurnya waktu untuk bersosialisasi dengan dunia nyata. Tak hanya itu, bahkan saking asyiknya be

Smartfren Andromax E2 Generasi 4G Andromax
Kelebihan Membeli Berbagai Aplikasi Play Store dengan Menggunakan Pulsa
Tips Menghemat Baterai Pada Smartphone

Salah satu dampak negatif bermain gadget ini yaitu tergusurnya waktu untuk bersosialisasi dengan dunia nyata. Tak hanya itu, bahkan saking asyiknya bermain ponsel ini dapat menghilangkan rasa kebersamaan dengan orang-orang disekitar. Karena menurut sebagian orang, mungkin saja bermain gadget lebih asyik dari pada bersosialisasi dengan orang-orang sekitar.

Benar saja, kini gadget sudah mulai menjauhkan manusia terutama anak-anak dari orang-orang sekitarnya.  Memang tidak salah sih, jika orang tua mengenalkan kecanggihan teknologi kepada anaknya. Namun bukan berarti orang tua hanya membiarkan anaknya menghabiskan waktu bermain dengan ponselnya  tanpa memberikan aturan.

Mengingat banyaknya dampak negatif yang akan terjadi pada anak, maka orang tua harus mengawasi dan memberikan peraturan kepada si anak. Jangan sampai anak terlanjur kecanduan, sebab hal ini akan berbahaya dan sulit untuk dihentikan. Adapun ciri-ciri anak yang sudah kecanduan yaitu:

  1. Anak menghabiskan waktu dengan ponselnya selama berjam-jam.
  2. Saat disuruh untuk berhenti bermain ponsel, biasanya anak malah marah dan bertingkah nggak karuan.
  3. Lebih senang bermain dengan ponsel dan enggan bermain dengan teman.
  4. Malas menjalani rutinitas sehari-hari.
  5. Aktifitas sehari-hari seperti belajar, makan, dan lain-lain akan terganggu.

Nah, sebelum beberapa hal tersebut terjadi pada anak anda, maka sebaiknya sebagai orang tua harus segera mencegahnya. Lalu upaya apa yang bisa dilakukan? Anda dapat mencoba beberapa hal sebagai berikut:

Pertama, anda dapat menyediakan mainan yang menyenangkan terutama permainan yang bisa dimainkan oleh beberapa orang. Anda dapat mengundang teman sebayanya untuk bermain bersama di rumah. Sehingga anak sejenak dapat melupakan ponselnya.

Kedua, anda dapat mengajak anak untuk ikut dalam kegiatan kita yang sekiranya dapat dilakukan oleh anak, misalnya membersihkan halaman bersama-sama. Dimana hal ini selain akan membantu anak melupakan ponselnya juga dapat mengajarkan anak tentang kemandirian. Selain itu anda juga dapat mengajak anak pada kegiatan yang lain, misalnya olah raga atau mengikutkan anak untuk kursus sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Paling tidak hal ini akan membuat anak berpaling dari gadget nya. Sekian.

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0