4 Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi yang Bisa Ibu Lakukan

4 Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi yang Bisa Ibu Lakukan

Ruam popok pada bayi merupakan kondisi kulit yang sangat umum terjadi, khususnya pada bayi. Jika bayi mengalami ruam popok akan menjadi lebih rewel d

Cara Menjaga Kesehatan Paling Sederhana
Parenting Indonesia, Mendidik Anak Yang Keras Kepala
Cara Merawat Kulit Bayi Tetap Halus

Ruam popok pada bayi merupakan kondisi kulit yang sangat umum terjadi, khususnya pada bayi. Jika bayi mengalami ruam popok akan menjadi lebih rewel dan merasa tidak nyaman akibat gejala yang ditimbulkan, seperti kemerahan pada kulit bahkan bengkak di sekitar area popok. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara mengobati ruam popok pada bayi.

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh ibu untuk mengobati ruam popok pada bayi dengan efektif. Berikut adalah empat cara yang bisa ibu lakukan dengan mudah:

1. Bersihkan Area Popok dengan Lembut

Gunakan air hangat dan kain lembut untuk membersihkan area popok dengan lembut setiap kali mengganti popok bayi. Hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia keras atau pewangi, karena hal ini dapat membuat ruam popok menjadi semakin parah. Pastikan area tersebut benar benar kering sebelum memasang popok baru.

2. Gunakan Salep Anti-Ruam Popok

Oleskan salep anti-ruam popok yang mengandung zinc oxide atau karbamid setiap kali mengganti popok. Salep ini dapat membantu melindungi kulit bayi dari iritasi lebih lanjut dan membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Selalu pastikan untuk menggunakan salep secara merata di area yang terkena ruam popok.

3. Biarkan Kulit Bayi Bernafas Sesekali

Berikan waktu tanpa popok setiap hari agar kulit bayi dapat bernafas dengan baik, karena dengan menggunakan popok, tentu kulit bayi menjadi lebih lembab. Biarkan bayi berbaring menggunakan pakaian yang longgar untuk sementara waktu. Udara segar dapat membantu mengurangi kelembaban di area popok dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Lakukan Kompres dengan Air Hangat

Lakukan kompres hangat dengan menggunakan kain bersih dan lembut yang direndam dalam air hangat. Tempelkan kompres ini di area yang terkena ruam popok selama beberapa menit setiap kali Anda mengganti popok. Kompres hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa tidak nyaman pada kulit bayi.

Dengan mengikuti beberapa metode sederhana ini, Anda dapat membantu cara mengobati ruam popok pada bayi dengan efektif. Pemilihan popok yang tepat juga merupakan faktor penting, popo MAKUKU SAP Diapers bisa menjadi pilihan Anda, karena popok ini menggunakan teknologi Super Absorbent Polymer pertama di Indonesia.

Yang mana mempunyai lapisan bawah super tipis, yang mampu menyerap urine secara maksimal sehingga membuat kulit bayi tetap kering dan efektif mengurangi terjadinya ruam popok.