Tips Memilih Susu Balita Usia 1 Sampai 5 Tahun

Tips Memilih Susu Balita Usia 1 Sampai 5 Tahun

Untuk mendukung perkembangan anak, susu sangat penting bagi bayi dibawah usia satu tahun hingga usia balita nantinya. Ketika si Kecil berusia lebih d

Kebiasaan untuk menjaga kesehatan mata
Kandungan Gizi pada Singkong Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan
Cara Merawat Kulit Bayi Tetap Halus

Untuk mendukung perkembangan anak, susu sangat penting bagi bayi dibawah usia satu tahun hingga usia balita nantinya. Ketika si Kecil berusia lebih dari satu tahun, Anda sudah mulai bisa memberi susu kemasan dengan varian yang berbeda.

Bagaimana cara memilih susu untuk balita dan apakah boleh si Kecil hanya mengkonsumsi susu dengan perut kosong tanpa makan dalam satu hari? Berikut ini ulasan yang harus Anda ketahui tentang susu formula anak 1 – 5 tahun.

 Ketahui dahulu, apa saja jenis susu yang baik untuk anak!

susu formula anak
Susu formula anak

Jika Anda mulai berencana untuk memberikan susu untuk anak, sebaiknya Anda mengetahui dulu tentang apa saja jenis susu untuk si Kecil agar bisa diserap dengan sempurna oleh anak, karena banyak jenis susu untuk anak yang beredar di pasaran dari berbagai sumber, bentuk dan juga merk.

  • Susu dari susu sapi

Susu sapi sangat baik untuk dikonsumsi si Kecil, karena mempunyai kandungan rasio protein yang hampir sama dengan air susu ibu (ASI), selain protein, dalam susu sapi juga terkandung karbohidrat yang berguna untuk energi si kecil dan kandungan lemak yang berguna untuk perkembangan otak.

Perlu Anda Ketahui, protein dalam susu ini sudah mengalami perubahan guna mempermudah pencernaan dalam perut si Kecil, berbeda dengan susu sapi biasa atau natural yang mengandung protein lebih sulit untuk dicerna bayi.

  • Susu dengan bahan susu kedelai

Selanjutnya adalah susu yang terbuat dari susu kedelai, biasanya bayi akan membutuhkan susu jenis ini jika mengalami gangguan dari penggunaan susu berbahan susu sapi tadi. Lalu gangguan seperti apa yang dimaksud?

  • Mengalami intoleransi laktosa sementara, hal itu terjadi karena infeksi gastrointestinal
  • Mengalami alergi susu sapi yang berhubungan dengan immunoglobulin E (IgE)
  • Galaktosemia
  • Kekurangan laktase bawaan
  • Perut kembung penuh gas
  • Muntah
  • Gangguan pencernaan

Ketika mengalami masalah seperti di atas tadi pada si Kecil, maka disarankan untuk memberikan susu berbahan susu kedelai. Untuk saat ini sudah banyak jenis susu kedelai yang bisa menjadi pilihan untuk dicoba pada si Kecil.

  • Susu yang bebas laktosa

Susu bebas laktosa merupakan jenis susu yang tidak mengandung gula dalam setiap kemasannya, laktosa (gula yang terkandung dalam susu), gula pada susu laktosa ini biasanya diganti dengan jenis gula lain, seperti sirup jagung.

Susu bebas laktosa ini cocok untuk si Kecil yang mengalami intoleransi laktosa, atau pada anak yang tidak mampu mencerna laktosa dengan baik.

  • Susu hidrolisat parsial, atau susu hipoalergi (HA)

Jenis susu ini mempunyai kandungan protein yang sudah dipecah menjadi bentuk yang lebih kecil (terhidrolisis) sehingga memudahkan si Kecil untuk mencerna protein pada susu tersebut.

Jenis susu yang satu ini cocok untuk anak yang mempunyai alergi protein susu atau bayi yang mengalami masalah pada penyerapan nutrisi, biasanya bayi yang terlahir prematur akan cocok untuk mengkonsumsi susu jenis ini.

Setelah mengetahui jenis susu formula anak yang cocok untuk si Kecil, tahap selanjutnya Anda harus sesuaikan dengan usia si Kecil, pilih susu dengan rasa yang disukai anak dan Anda juga wajib untuk memperhatikan kandungan nutrisi pada setiap produk susu formula anak yang Anda pilih.

Itulah beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat memilih susu formula untuk si Kecil, agar tumbuh kembangnya optimal.