Mencoba Adil pada Gaya Hidup dan Prioritas

Mencoba Adil pada Gaya Hidup dan Prioritas

Memiliki pekerjaan tetap adalah impian semua orang. Menjadi pekerja tetap, otomatis penghasilannya pun stabil. Itulah kenapa setiap lowongan pekerjaa

Asuransi Yang Dapat Melindungi Anda
Solusi Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat
Polis Asuransi Kendaraan Terbaik

Memiliki pekerjaan tetap adalah impian semua orang. Menjadi pekerja tetap, otomatis penghasilannya pun stabil. Itulah kenapa setiap lowongan pekerjaan selalu diburu para pencari kerja.  Sejak lulus sekolah dan kuliah sudah mendambakan duduk nyaman dengan pekerjaan yang jelas serta berpenghasilan tetap tersebut.

Sayangnya, karena ketetapan jaminan ini, gaya hidup pun kerap ditetapkan. Tidak peduli akan apa yang terjadi esok hari. Pemikiran tidak lagi ‘nanti bagaimana?’ tapi ‘bagaimana nanti’. Untuk orang yang bodoh amat dengan hidupnya pemikiran seperti itu mungkin biasa, tapi tidak untuk mereka yang pemikirannya jangka panjang.

Mereka sadar, bahwa sestabil apapun penghasilan yang selalu mereka terima, ada hal tak terduga yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari dengan waktu yang juga tidak bisa kita diprediksi. Kalau tidak ada kesiapan diri sejak awal, jangan heran kalau langsung stress begitu menghadapinya.

Patahkan Berbagai Persepsi Miring

Namanya hidup, pasti harus mengikuti arus. Kalau tidak, pasti ketinggalan berbagai hal. Contohnya dari segi gaya hidup, jaman sekarang kalau kamu tidak ikut arus, ada kemungkinan ya ‘gitu-gitu’ aja hidupnya. Ketinggalan jaman.

Memasuki dunia kerja, begitu berpenghasilan sendiri pasti keinginan mengikuti gaya hidup semakin lebih besar. Terutama, gaya hidup yang membutuhkan uang. Mulai dari belanja produk terbaru hingga lebih memilih yang branded. Dari segi kebutuhan pun bisa jadi berubah, jika biasanya makan di tempat makan biasa atau ngopi cukup bikin sendiri, begitu memiliki penghasilan sendiri mungkin kamu akan pindah ke tempat yang lebih elit yang notabene lumayan menguras kantong.

Apakah kamu termasuk salah satunya?

Gaya hidup sebetulnya tetap bisa kamu ikuti tanpa harus mengganggu keuanganmu. Mumpung masih muda, cobalah untuk menerapkan gaya hidup yang lebih hemat karena keadaan tidak mungkin sama terus setiap bulannya. Belum lagi dalam pekerjaan selalu ada resiko terburuk, entah harus berhenti karena keinginan maupun paksaan. Kehilangan pekerjaan sama dengan kehilangan sumber penghasilan.

Jadi, Prioritaskan menabung begitu dapat gaji. Apabila masih ada sisa dari memenuhi kebutuhan pokok, baru kamu gunakan untuk memenuhi keinginan seperti mengikuti gaya hidup yang sedikit boros tersebut.

Terasa kurang?

Tidak ada salahnya jika kamu menabung juga untuk memenuhi keinginan tersebut. Kamu gak akan ketinggalan jaman hanya karena menabung dulu dalam beberapa bulan kok!

Misalnya kamu ingin beli tas baru, tapi kamu juga tahu kamu perlu menabung untuk masa depan. Uang sisa yang kamu sisihkan untuk tas, yang jumlahnya masih kurang itu kamu simpan saja dulu. Bulan depan gabungkan dengan uang yang kamu sisihkan juga untuk tas tersebut. Lakukan seterusnya sampai jumlahnya pas. Dengan demikian, tabungan utamamu tetap tidak terganggu dan tas pun tetap terbeli.

Mengikuti perkembangan jaman dengan gaya hidupnya memang melelahkan. Kita butuh waktu karena kondisi keuangan yang tidak seberlebihan orang. Pilihan di tanganmu, apakah kamu ingin jadi orang yang lelah mengejar gaya hidup dengan mengorbankan masa depan atau ingin santai tapi tetap bisa mengejar keduanya?

Maksimalkan Perlindungan Diri

Kondisi menjadi karyawan dengan beragam resiko setidaknya disadari oleh perusahaan. Makanya, perusahaan biasanya mengasuransikan karyawan mereka. Asuransi karyawan tersebut biasanya meliputi kesehatan dan perlindungan dari kecelakaan kerja karyawan tersebut.

Tapi, apakah asuransi dari kantor saja cukup? Tentu belum!

Di rumah kamu pasti punya keluarga yang juga harus dilindungi. Meskipun belum menikah, tapi pasti suatu hari kamu menikah kan? Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan asuransi sebagai proteksi untuk keluargamu ini sejak dini. Proteksi adalah jaminan atau asuransi itu sendiri.

Karena itu mulailah mencari asuransi, sebagai proteksi terhadap beban finansial saat hal yang tidak terduga dalam keluargamu nanti. Sekalipun tidak terjadi apa-apa sampai tahun yang ditentukan dari asuransi tersebut, uang yang telah kamu bayarkan tentu akan kembali dalam jumlah yang bahkan bisa lebih besar jika kamu mengikuti asuransi yang sekaligus bernilai investasi. Kamu bisa mencari asuransi di situs seperti Lifepal.

Selain asuransi, miliki juga tabungan yang dapat dicairkan sewaktu-waktu. Menabung dan asuransi sama-sama menjaga uang agar tidak lari hanya ke hal-hal yang tidak penting saja dan manfaatnya bisa kita dapatkan lebih lama, dalam jangka panjang serta dapat digunakan di waktu yang tepat.