Kandungan Gizi pada Singkong Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi pada Singkong Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Singkong atau kita sering sebut dengan ubi kayu yang dalam bahasa ilmiahnya adalah manihot utillisima ini, tentu saja sudah sangat akrab dalam kehidup

Tips Berbuka Puasa Agar Tubuh Tetap Sehat Sepanjang Hari
Nutrisi Berkualitas Untuk Anak Yang Cerdas
Hidup Sehat akan Lebih Optimal

Singkong atau kita sering sebut dengan ubi kayu yang dalam bahasa ilmiahnya adalah manihot utillisima ini, tentu saja sudah sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Secara tradisional, singkong sangat lah diminati sebagai salah satu pengganti dari makanan pokok (nasi).

Hal itu memang tidak salah, karena dalam kandungan singkong sendiri cukup tinggi kalori serta karbohidrat sebagai salah satu sumber energi bagi kita.

manfaat singkong

Dalam perkembangannya, singkong kini telah banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam pangan, atau diambil dari sertanya (pati) untuk berbagai macam keperluan manusia.

Seperti halnya dengan ubi jalar, singkong juga memiliki kandungan yang tinggi akan nutirisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. SIngkong menyediakan energi sebesar Energi sebesar 160 Kcal, jumlah Karbohidrat 38.06 g, Protein 1,36 g 2,5, Total Lemak 0.28 g, Kolesterol 0 mg, dan Serat 1,8 g.

Berikut ini kandungan gizi /100gr singkong mentah :

  • Vitamin :

Kandungan vitamin tertinggi pada singkong adalah Folat (vitamin B9) 27 mg, Vitamin C 20,6 mg, dan Vitamin K 1,9 mg. Selebihnya adalah Niacin 0.854 mg, Pyridoxine 0.088 mg, Riboflavin 0.048 mg, Thiamin 0,087 mg, Vitamin A 13 IU <, dan Vitamin E 0,19 mg.

  • Mineral :

Sodium 14 mg, Kalium 271 mg, Kalsium 16 mg 1,6, Zat Besi 0,27 mg, Magnesium 21 mg, Mangan 0,383 mg, Fosfor 27 mg, dan Zinc 0.34 mg.

Singkong(manihot utillisima) kandungan lemaknya sangat rendah dan 0 kolesterol, namun singkong memiliki tinggi akan kalori, bahkan hampir 2 kali lipat dari kentang.

Hal inilah yang memungkinkan tertinggi setiap umbi tropis yang kaya akan pati. Dalam 100 gr singkong, menyediakan kalori sebesar 160 kalori, terutama yang berasal dari sukrosa yang dapat membentuk sebagain besar gula pada umbi-umbian, yang di totalkan lebih dari 69% dari total gula.

Maka dari itu, tidak heran singkong dapat menjadi salah satu sumber energi bagi kesehatan tubuh kita.