5 Jenis Bahan Bangunan Semen Beserta Fungsinya

5 Jenis Bahan Bangunan Semen Beserta Fungsinya

Semen adalah salah satu bahan bangunan penting yang berfungsi mengikat dan menyatukan material lain, misalnya seperti pasir, batu, kerikil, dan lain

Pakaian Dengan Kualitas Terbaik di Blanja.com
Inilah Kelebihan Belanja Furniture Unik Dari Snapy
Mumu Toko Online Penjual Sembako Murah

Semen adalah salah satu bahan bangunan penting yang berfungsi mengikat dan menyatukan material lain, misalnya seperti pasir, batu, kerikil, dan lain sebagainya. Bahan baku untuk membuat semen sendiri terdiri dari pasir silika, kapur, pasir besi, dan tanah liat. Pada umumnya, orang awam mengira bahwa jenis semen hanya satu saja padahal sebenarnya ada banyak.

Berikut ini 5 jenis bahan bangunan semen beserta dengan fungsinya:

Portland Composite Cement (PCC)

jenis bahan bangunan
Jenis bahan bangunan

Portland Composite Cement atau PCC merupakan jenis semen yang biasa digunakan untuk pembangunan umum. Beberapa karakteristik dari semen ini diantaranya yaitu kedap air, lebih mudah dikerjakan, tahan sulfat, serta tidak mudah retak. Bahan dasar pembuatan PCC adalah gypsum, terak, dan bahan anorganik.

Portland Cement (PC)

Jenis bahan bangunan semen yang kedua adalah portland cement atau PC. Semen ini merupakan jenis yang sering Anda temui dan banyak dijual di pasaran. Sama halnya dengan PCC, PC juga digunakan pada pembangunan umum seperti gedung bertingkat dan rumah. PC dibagi menjadi 5 tipe yaitu PC type I, PC type II, PC type III, PC type IV, dan PC type V.

Oil Well Cement (OWC)

Sesuai namanya, Oil Well Cement merupakan semen yang biasa dipakai pada pembuatan sumur bumi. Biasanya semen jenis ini dibuat dengan standar mutu tertentu seperti American Petroleum Institute atau API sehingga bisa bertahan lama.

Semen Putih

Semen putih adalah semen yang berkualitas tinggi. Pada umumnya, semen ini digunakan untuk finishing atau kebutuhan dekorasi. Bahan baku untuk membuat semen putih adalah bahan yang mengandung besi dan magnesium oksida rendah.

Mortar

Mortar sebenarnya berbeda dengan semen namun memiliki fungsi yang sedikit mirip, terutama untuk acian. Kelebihan sebagai bahan acian diantaranya yaitu hasil acian tidak mudah retak, lebih halus, tidak mudah terkelupas, hemat pemakaian, dan mudah diaplikasikan.

Itulah 5 jenis bahan bangunan semen yang biasa digunakan dalam pembangunan gedung, jembatan, dan lain sebagainya. Jika membutuhkan salah satu dari jenis semen di atas, Anda bisa memilih Semen Tiga Roda.

Merek semen yang sudah lama ada ini memiliki kualitas yang jelas terbaik. Informasi selengkapnya mengenai Semen Tiga Roda bisa Anda simak di sementigaroda.com.