Inilah Ciri Anak Tidak Bisa Berbicara

Inilah Ciri Anak Tidak Bisa Berbicara

Ketika anak sudah memasuki usia 1 tahun. Maka keinginan anak pun akan semakin tumbuh. Nah mereka umumnya akan mulai aktif untuk menelusuri atau menge

Ingin Cepat Hamil? Kenali Masa Subur Pasangan Dengan Suhu Basal Tubuh
Makanan Penambah Nafsu Makan Si Kecil
Inilah 3 Jenis Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Paling Banyak Dipilih

Ketika anak sudah memasuki usia 1 tahun. Maka keinginan anak pun akan semakin tumbuh. Nah mereka umumnya akan mulai aktif untuk menelusuri atau mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Namun disisi lain adanya juga anak yang tidak terlambat bisa berbicara. Hal tersebut tentunya membuat panik. Oleh karena itu berikut ciri anak tidak bisa bicara.

1 . Tidak Mengerti Gestur Dan Gerak Tangan

Walaupun anak di usia balita belum bisa berbicara, namun biasanya mereka akan mengerti dari gerak tangan ataupun gestur yang dilakukan oleh orang lain. Sebagai contoh, anak tersebut mengerti jika jari telunjuk diacungkan tersebut merupakan gestur untuk menunjuk sesuatu atau suatu benda.

Ketika anak menginjak usia 2 tahun serta belum mengerti gerakan tangan yang sederhana seperti menunjuk. Bisa jadi si kecil memiliki masalah dalam perkembangan linguistiknya. Maka dari itu sebagai saran, Anda harus memperbanyak komunikasi serta berbicara secara empat maka dengan anak.

ciri anak tidak bisa bicara
ciri anak tidak bisa bicara

Kalian bisa memulainya dari perkenalan bagian dari muka seperti mata telinga hidung dan lain sebagainya. 

2 . Jarang Mengeluarkan Suara

Ciri anak tidak bisa bicara selanjutnya adalah mereka jarang sekali mengeluarkan suara. Nah ketika si kecil berusia 9 bulan. Bisanya mereka dapat mengeluarkan beberapa suara misalkan “papa atau mama” untuk memanggil kedua orang tuanya. Sedangkan diatas usia 12 bulan umumnya mereka sudah bisa mengenali beberapa benda yang ada di sekitarnya.

Nah kedua hal tersebut umumnya dapat memancing balita supaya berbicara serta mengeluarkan suara.  Hal tersebut dengan maksud meminta ataupun bertanya. Apabila anak masih jarang mengeluarkan suara di usia 12 bulan maka si kecil kurang diberikan stimulasi untuk berbicara.

Maka dari itu sangat penting sekali mengajak anak mengobrol dengan memberikan cerita atau pertanyaan serta bisa meminta pendapat agar dapat merangsang mereka untuk berbicara. Disisi lain Anda juga bisa memanfaatkan buku cerita bergambar yang membuat mereka menarik dan sesekali Anda bisa bertanya soal gambar di buku tersebut.

Itulah 2 hal dari sekian banyak ciri anak tidak  bisa bicara atau terlambat bicara. Semoga dengan adanya hal ini bisa membantu kalian sebagai orang tua. Selain itu supaya membantu perkembangan anak Dancow bisa menjadi solusi terbaik.