Ingin Cepat Hamil? Kenali Masa Subur Pasangan Dengan Suhu Basal Tubuh

Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling dinantikan oleh semua orang khususnya mereka yang telah berumah tangga dan memiliki pasangan. Akan

Alat Tes Kesuburan Untuk Melihat Peluang Hamil
Pantangan yang Harus Dihindari Untuk Menjaga Kesehatan Bumil
Klinik Kesehatan Pria
Gambar terkait

Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling dinantikan oleh semua orang khususnya mereka yang telah berumah tangga dan memiliki pasangan. Akan tetapi tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan keturunan, ada beberapa alasan mengapa seorang pasangan sulit untuk mendapatkan keturunan salah satunya adalah kesuburan pasangan masing-masing. Pada dasarnya semua orang baik wanita maupun pria memiliki tingkat kesuburan yang sama baiknya, akan tetapi dalam beberapa macam kasus seseorang akan mengalami penurunan kesuburan salah satunya adalah karena adanya pengaruh suhu basal tubuh.

Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh ketika bangun tidur dan sebelum melaksanakan berbagai macam aktivitas dan kegiatan setiap harinya. Dengan mengetahui suhu tubuh pada waktu tersebut kita bisa memperhitungkan dengan tepat masa subur yang dimiliki oleh setiap pasangan. Pada umumnya, suhu tubuh wanita ketika belum memasuki masa subur yaitu sekitar 35,5ºc hingga 36ºc. Hal tersebut  berbeda untuk masing-masing individu serta dipengaruhi oleh suhu tempat tinggalnya.

Hasil gambar untuk Suhu Basal Tubuh femometer

Sesaat setelah proses pelepasan sel telur oleh indung telur (ovarium), biasanya semua wanita akan mengalami peningkatan suhu basal tubuh sekitar 0,5ºc. Hal tersebut dikarenakan setelah proses ovulasi atau peristiwa lepasnya telur dari ovarium atau yang sering dikenal sebagai masa subur) ovarium akan mengeluarkan sebuah hormon yang dinamakan progesteron. Hormon tersebut akan sangat membantu untuk mempersiapkan tubuh agar mampu menyiapkan kehamilan dengan sangat baik dengan proses pembuahan yang akan terbentuk dengan sempurna.

Karena itu, suhu tubuh ketika bangun tidur atau sering disebut dengan Suhu basal tubuh  akan terus naik hingga meningkat sekitar 0,5ºc sampai tepat sebelum seorang wanita mengalami menstruasi, hingga akhirnya suhu tersebut akan kembali normal. Apabila terjadi proses kehamilan, suhu tubuh akan tetap stabil hingga melalui awal bulan kehamilan.

Apabila suhu tubuh tidak mengalami proses tersebut, maka kemungkinan besar seorang wanita tengah mengalami masalah masa subur atau ovulasi. Dengan pengetahuan mengenai kondisi suhu basal tubuh maka akan sangat membantu untuk mempercepat proses kehamilan dengan cara yang alami.