Asap Rokok Bagi Ibu Hamil dan Janin

  Rokok memang sangat membahayakan kesehatan, tidak hanya bagi para perokok aktif tetapi juga bagi perokok pasif. Bahaya asap rokok bisa diras

Temukan Obat Herbal Terbaik Melalui Internet
Tips Perawatan Wajah: Larangan Untuk Kulit Cantik Secara Alami Cantik
Pentingnya Belajar berhitung Sejak Anak-anak

 

duniamamyRokok memang sangat membahayakan kesehatan, tidak hanya bagi para perokok aktif tetapi juga bagi perokok pasif. Bahaya asap rokok bisa dirasakan oleh siapa saja, termasuk oleh ibu hamil dan janin yang masih berada di dalam kandungan.  

Maka dari itu menjaga kehamilan dari asap rokok merupakan hal yang harus di perhatikan.

Baik peerokok aktif maupun pasif sangat berpengaruh langsung pada kondisi pertumbuhan dan perkembangan janin. Mulai dari trimester pertama kehamilan hingga trimester ke-3.

Hal ini disebabkan karena oksigen yang si ibu hirup mengandung senyawa kimia berbahaya dari rokok yang akan diteruskan secara langsung ke janin melalui plasenta. Secara otomatis akan meracuni janin.

Berikut ada beberapa bahaya yang akan mengancam ibu hamil dan janin jika menghirup asap roko.

1. Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil

  • Senyawa kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok akan mengurangi produksi Air Susu Ibu atau ASI.
  • Beresiko terjadinya pendarahan dari uri (abruption placente) yang disebabkan terlepasnya placenta dari dinding rahim ibu.
  • Terjadinya kondisi abruption placente menyebabkan komplikasi kehamilan serius pada ibu hamil, parahnya bisa mengakibatkan kematian pada ibu hamil.
  • Mengakibatkan menurunnya berat badan ibu karena berkurangnya nutrisi yang disebabkan oleh paparan senyawa kimia berbahaya dari rokok.

2. Bahaya Asap Rokok Bagi Janin

  • Resiko janin memiliki penyakit leukimia atau kanker darah, bahkan ada beberapa yang mengakibatkan kanker-kanker lainnya. Paparan senyawa kimia dari rokok menyebabkan kerusakan genetik.
  • Kematian dini pada janin (premature death) di dalam kandungan ibu atau juga beresiko terjadi keguguran akibat sindrom kematian mendadak  (Sudden Infant Death Syndrome). Hal ini yang dapat mengakibatkan placenta terlepas dari dinding rahim ibu.
  • BBLR Berat Bayi Lahir Rendah karena racun nikotin yang menghambat aliran darah yang merupakan sumber nutrisi bagi janin. Hal ini biasanya mengakibatkan bayi lahir prematur dan belum sempurna.
  • Janin beresiko terkena beberapa penyakit berbahaya seperti bronkitis, jantung bawaan, pneumonia, infeksi telinga, asma dan hambatan pertumbuhan paru-paru atau penyakit gangguan sistem pernafasan lainnya.
  • Asap rokok bisa mengubah struktur DNA sehingga sistem kekebalan tubuh bayi tidak baik.
  • Keterbelakangan mental (Down Syndrome) merupakan bahaya yang diakibatkan oleh paparan asap rokok yang mengganggu pertumbuhan otak janin.
  • Beresiko cacat, karena ayahnya yang merupakan seorang perokok aktif sehingga sperma yang dihasilkan mengalami kelainan.

Itulah bahaya paparan asap rokok yang buruk bagi ibu hamil juga janinnya. Maka dari itu menjaga kehamilan dari asap rokok merupakan hal yang wajib.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: