5 Tipe Konsumen Online, Anda Termasuk yang Mana?

5 Tipe Konsumen Online, Anda Termasuk yang Mana?

Sebagai pebisnis online, sudah merupakan suatu kewajiban untuk kamu mempelajari karakteristik dan target pelanggan yang ada. Ada tipe konsumen ramah d

Kebutuhan Rumah Tangga Dalam Perawatannya Terbaik
Bisnis Sederhana Untuk Mahasiswa
Harga Plakat Grafir di Snapy Online

Sebagai pebisnis online, sudah merupakan suatu kewajiban untuk kamu mempelajari karakteristik dan target pelanggan yang ada. Ada tipe konsumen ramah dan tidak ragu untuk langsung order, dan ada juga yang datang hanya untuk mendapatkan informasi perbandingan harga. Itu sebabnya, penting untuk dimengerti bahwa kamu tidak dapat melakukan taktik penjualan yang sama terhadap semua konsumen online. 

Nah, untuk membantu kamu sukses dalam berbisnis, berikut kamu rangkum 5 tipe konsumen online dan cara untuk menghadapinya:

1. Pencari Harga Terbaik

Kebanyakan dari kita mengerti betul bahwa setiap konsumen tentu menyukai harga murah. Mereka tidak keberatan untuk berpindah-pindah dari satu website ke lainnya hanya untuk mencari harga terbaik. Namun, tipe konsumen ini sebenarnya tidak hanya berpaku pada harga paling murah saja . Sebenarnya, kebanyakan dari mereka lebih fokus mencari produk dengan harga yang worth it atau sesuai.

Tipe konsumen ini dapat diatasi dengan memindahkan perhatian mereka pada kualitas, bukan terhadap harga produk. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan taktik penjualan bundling atau paket produk.

2. Pencari Diskon

Hampir semua konsumen tentu menyukai diskon. Bahkan, tidak sedikit dari konsumen yang rela untuk begadang hanya untuk menunggu diskon tahunan seperti Harbolnas atau diskon yang ada tiap hari seperti flash sale. Meski terkesan mudah untuk dihadapi, namun kamu juga perlu memiliki strategi dalam menangani tipe pembeli ini.

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi konsumen pencari diskon. Salah satunya adalah dengan menawarkan diskon spesial yang menggiurkan, sehingga mereka tertarik membeli produk tersebut. Cara lainnya adalah dengan memberikan diskon di luar hari raya yang pada umumnya toko online lain pun juga memberi potongan harga.

3. Pencari Barang Kekinian

Tipe konsumen online satu ini memiliki keingingan untuk selalu terlihat up-to-date dalam segala hal. Mereka tidak ragu untuk menjual barang yang dimiliki – meski masih dalam kondisi sangat bagus – dengan produk baru hanya karena lebih kekinian. Umumnya, tipe konsumen ini menyimpan ketertarikan pada fashion, kecantikan, atau teknologi.

Jenis karakter konsumen yang satu ini tentu menjadi incaran banyak toko online. Untuk mempertahankan pembeli barang kekininan ini, coba buat mereka merasa spesial dengan memberikan mereka reward points atau bahkan free voucher.

4. Pencari Kualitas Terbaik

Dapat dikatakan bahwa tipe konsumen online ini tergolong cukup unik dan jarang dijumpai. Jika mayoritas pembeli lebih mementingkan harga murah, konsumen ini lebih fokus pada produk dengan kualitas yang baik. Untuk memastikan mereka mendapatkan barang dengan kualitas terbaik, umumnya tipe pembeli ini akan lebih banyak bertanya dikarenakan mereka mengerti betul detail dari produk yang dijual.

Cara paling efektif untuk memenangkan hati si “pencari kualitas terbaik” adalah dengan membantu mereka mendapatkan product knowledge yang relevan. Misalnya, memberikan artikel mengenai barang yang sesuai dengan ketertarikan mereka.

5. Beli dan Bayar Sekarang

Jenis pembeli ini tentu paling dicari oleh semua pebisnis online. Mereka mengerti betul produk apa yang ingin mereka beli dan tidak ragu untuk langsung membayar secepat mungkin. Namun, perlu dimengerti bahwa tipe konsumen seperti ini, umumnya  sulit untuk dipertahankan. Kenapa? Hal ini dikarenakan mereka ingin melakukan transaksi pembelian secara mudah dan cepat. Jadi, dapat dikatakan tidak ada ruang untuk kesalahan dalam melayani konsumen ini.

Perlu dimengerti bahwa konsumen ini sangat menghindari transaksi online yang bertele-tele. Maka dari itu, pastikan toko online mu memiliki transaksi atau tahapan berbelanja yang sederhana, ya.

Transaksi jual beli online di Indonesia terus meningkat secara drastis. Bahkan tercatat per bulan Desember 2016, jumlah pembelian online berada pada angka 8,7 juta konsumen dan tahun 2017 mencapai 9,3 juta konsumen. Oleh sebab itu, dengan persaingan yang semakin ketat, penting untuk para pebisnis online mengerti tiap-tiap tipe konsumen dan tahu cara mengatasinya. Semoga artikel ini membantu, ya!