3 Cara Hidup Sehat yang Dicontohkan Rasulullah SAW

3 Cara Hidup Sehat yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Bersyukurlah kita kepada Allah SWT, karena telah menjadi hamba-NYA dan dilahirkan sebagai umat paling mulia.  Sebagai umat Islam akhir zaman, kita dit

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan
Tips Memiliki Bentuk Tubuh yang Ideal
5 Macam Buah Buahan yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Bersyukurlah kita kepada Allah SWT, karena telah menjadi hamba-NYA dan dilahirkan sebagai umat paling mulia.  Sebagai umat Islam akhir zaman, kita dituntut untuk bisa mencontoh kepada utusan-NYA yaitu Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wa sallam. Beliau di utus ke muka bumi ini sebagai rahmat untuk semesta alam. Salah satu yang bisa kita petik dan contoh dari kehidupan beliau adalah cara hidup sehat yang dilakukannya, bahkan diakui oleh dunia medis di seluruh dunia.

Tidak heran, jika selama hidupnya Nabi Muhammad SAW mengalami sakit parah hanya dua kali. Pertama, saat diracuni oleh budak wanita Yahudi dan kedua, saat menjelang wafatnya.

Cara hidup sehat

Cara hidup sehat

Begitu mulianya Baginda Rasulullah SAW, memberikan contoh yang baik untuk menjaga kesehatan sehari-hari. Maka dari itu, cukup ikuti saja cara hidup sehat yang dicontohkan Rasulullah SAW, insya Allah Anda akan terhindar dari segala macam penyakit berbahaya.

1. Memakan Makanan Yang Halal Dan Baik

Ajaran hidup sehat dari Rasulullah SAW, yaitu dengan memakan makanan yang halal dan baik. Seperti salah satunya mengkonsumsi kurma, daging, madu, susu, gandum, delima, dan buah tin. Sampai-sampai Nabi SAW, mengajarkan kepada sahabatnya untuk mengolah makanan dengan menggunakan minyak zaitun. Pasalnya, minyak zaitun ini adalah minyak yang diberkahi Allah SWT.

Kebiasaan sehari-hari Nabi SAW, yaitu selalu sarapan dan minum air putih yang dicampur satu sendok madu. Madu sendiri sudah diakui oleh dunia medis jaman sekarang, dapat menjaga daya tahan tubuh dan mampu mengobati segala macam penyakit. Selain itu, menurut pakar kesehatan internasional, madu juga dapat menyembuhkan sembelit, membersihkan lambung, menyembuhkan wasir, peradangan dan gangguan kesehatan lainnya.

Yang paling penting adalah semua makanan tersebut harus Anda peroleh dengan cara yang baik, agar hasilnya dinilai sebagai makanan yang halal.

2. Tidak Berlebihan Ketika Makan

Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihinya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas”.

3. Tidur Di Awal Malam, Bangun di Akhir Malam

Aisyah r.a berkata:” Nabi SAW tidur di awal malam dan menghidupkan akhir malam (dengan menunaikan shalat malam). (HR. Ahmad)

Itulah sebagian cara hidup sehat Rasulullah SAW dalam kehidupannya sehari-hari. Kita sebagai umatnya sangat dianjurkan untuk meniru kebiasaan baik tersebut agar kesehatan kita tetap terjaga dengan baik.