10 Ciri Ciri Masa Subur Wanita yang Harus Dicatat

10 Ciri Ciri Masa Subur Wanita yang Harus Dicatat

Sedang merencanakan kehamilan? Yuk, kenali salah satu hal yang wajib diketahui saat program kehamilan. Hal tersebut adalah mengetahui kapan masa subu

Peranan Keluarga Untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak
Tiga Tips Sederhana Hidup Sehat
5 Hal Dasar Perawatan Wajah Yang Tidak Banyak Dilakukan Oleh Wanita

Sedang merencanakan kehamilan? Yuk, kenali salah satu hal yang wajib diketahui saat program kehamilan. Hal tersebut adalah mengetahui kapan masa subur wanita berlangsung. Ketahuilah ciri ciri masa subur agar program kehamilan sesuai rencana dan harapan.

Berikut ciri-ciri yang wajib Anda catat pada masa program kehamilan.

ciri ciri masa subur
Ciri ciri masa subur

1.  Keluar Cairan Bening dari Vagina

Cairan bening umumnya akan keluar saat wanita sedang ovulasi. Cairan bening ini sangat mirip sekali dengan putih telur. Namun, cairan ini bukanlah keputihan. Jadi, bedakan antara cairan masa ovulasi dan keputihan biasa. Nah, pada masa-masa ini, proses pembuahan yang dilakukan akan semakin optimal.

2.  Rahim Terasa Lebih Terbuka dan Lembut

Pada masa ovulasi, posisi rahim akan lebih terbuka dari biasanya. Hal ini juga yang menyebabkan vagina akan terasa lebih lembut. Umumnya, dalam kondisi ini, wanita akan mengalami sedikit rasa sakit ketika berhubungan badan. Hal tersebut karena, vagina terlalu banyak memproduksi pelumas.

3.  Perut Terasa Kembung

Kondisi perut kembung umumnya akan terjadi saat masa subur. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan retensi air akibat peningkatan kadar estrogen pada tubuh wanita. Kondisi perut kembung ini juga bisa menghilang secara tiba-tiba. Jadi, tidak perlu pengobatan khusus.

4.  Mual

Ternyata, mual tidak hanya terjadi pada masa kehamilan. Mual juga sering dialami oleh perempuan yang sedang dalam masa ovulasi. Namun, mual ini hanya terjadi pada pertengahan bulan sesudah masa haid berakhir. Jika mual di waktu tersebut, bisa jadi bahwa kondisi ini pertanda masa subur.

5.  Wanita Menjadi Lebih Sensitif

Masa subur juga ditandai dengan peningkatan sensitivitas perempuan. Salah satu contohnya seperti  pada bagian indera penciuman. Beberapa wanita akan merasakan indera penciumannya jauh lebih tajam dibandingkan biasa. Terutama jika kondisi ini terjadi sesudah haid berakhir.

6.  Adanya Bercak Kecoklatan Pada Vagina

Selain cairan bening, ciri masa subur juga bisa dilihat dari adanya bercak kecoklatan. Biasanya, bercak ini menempel pada pakaian dalam wanita. Bercak tersebut adalah folikel telur yang akan melepaskan diri untuk menyambut proses pembuahan. Jika ada cairan bening dan disertai bercak coklat, maka bisa dijadikan tanda kesuburan.

7.  Nyeri di Bagian Payudara

Masa subur juga bisa kita lihat dari adanya rasa sakit pada bagian payudara. Meski begitu, ada banyak penyebab kenapa payudara terasa nyeri. Namun, nyeri pada masa subur bisa dibedakan dari waktunya. Jika kondisi ini terjadi setelah masa haid, maka bisa dijadikan sebagai tanda.

8.  Sakit Perut di Bagian Bawah

Masa subur juga ditandai dengan adanya rasa sakit pada bagian perut bawah. Rasa sakit ini biasanya akan disertai dengan keluarnya cairan bening dan bercak berwarna coklat dari vagina. Rasa sakitnya umumnya terletak pada bagian perut sebelah kanan atau kiri. Durasinya biasanya tidak berlangsung lama.

9.  Gairah Seks Meningkat

Wanita sedang masa subur biasanya ditandai dengan gairah seks yang tinggi. Bahkan, gairahnya lebih tinggi dibandingkan dari hari-hari biasa. Kondisi ini merupakan sebuah tanda alami yang terjadi pada setiap wanita pada masa ovulasi. Ini juga merupakan pertanda bahwa wanita siap melakukan reproduksi.

10.  Sakit Kepala

Tanda terakhir yang bisa dijadikan sebagai patokan adalah sakit kepala. Meski banyak penyebabnya, namun pada masa ovulasi, sakit kepala bisa juga sebagai tanda masa subur. Biasanya, kondisi ini akan terjadi secara tiba-tiba saat mendekati masa ovulasi.

Itulah 10 ciri ciri masa subur yang wajib dikenali oleh setiap wanita. Untuk Anda yang sedang dalam merencanakan kehamilan, silakan kenali dan catat semuanya agar program kehamilan semakin optimal.